Tahun 2018: 
Gerakan Kepemimpinan Pastoral


SINODE IV Keuskupan Denpasar yang telah ditutup pada Kamis 30 November 2017 telah berhasil merumuskan Arah Dasar Keuskupan Denpasar, Visi, Misi, Spiritualitas Keuskupan Denpasar dan Strategi Pastoral Keuskupan Denpasar 2018-2022. 
          Strategi Pastoral Keuskupan Denpasar 2018-2022  dilaksanakan  dengan melaksanakan karya pastoral sesuai dengan tema  setiap tahun. Pada tahun 2018 tema pastoral Keuskupan Denpasar adalah “Kepemimpinan Pastoral”.  Kepemimpinan dalam Gereja bersifat pelayanan dan selalu dalam konteks kebersamaan atau kolegial. Yesus  Sang Gembala Baik melayani umat dengan murah hati dan mengenali  umat-Nya. Gembala  yang selalu mendengar keluhan dan kebutuhan umat.
       Meneladani model kepemimpinan Yesus Gembala Yang Baik yang melayani dengan murah hati, teladan bagi semua orang yang terlibat dalam pelayanan dan dipanggil oleh Roh yang satu untuk bekerjasama (kolegialitas dan partisipatif). Pelayanan Gereja berciri kolegialitas dan partisipatif seperti anggota-anggota satu tubuh bekerja sama demi kesejahteraan tubuh itu.
     Kepemimpinan Pastoral perlu dipersiapkan dengan baik. Sinode meminta adanya peningkatan kualitas kepemimpinan dan kaderisasi calon pemimpin pastoral. Agar kaderisasi kepemimpinan diarahkan untuk menghasilkan seorang pemimpin Gembala Yang “Berbau Domba”. Pemimpin yang demikian itu memiliki ciri-ciri: Visioner, kreatif, inovatif, melayani, terlibat, beradaptasi dengan umat dan sesuai perkembangan zaman, rela berkorban, solider, mau mendengar, transformatif, militan, kerja keras, profesional dalam melayani.


      Pada akhirnya pemimpin yang kita inginkan dalam Sinode ini adalah pemimpin yang tangguh, mandiri dan bersaksi. Pemimpin yang dimaksudkan adalah pemimpin yang tertahbis (para imam), pemimpin terbaptis (katekis, awam, ketua lingkungan, ketua KBG, ketua OMK dan ketua kelompok kategorial). Mari kita sukseskan  Tahun 2018 sebagai tahun Kepemimpinan Pastoral.***

Comments

Popular posts from this blog

PROFIL KONGREGASI/BIARA YANG BERKARYA DI KEUSKUPAN DENPASAR

Romo Hubertus Hady Setiawan,Pr

Rm. Benediktus Deni Mary