Mgr.Vitalis Djebarus,SVD



Mgr. Vitalis Djebarus,SVD lahir di Wangkung, Manggarai, Flores tanggal 26 Pebruari 1929. Tanggal 14 Januari 1959 ditahbiskan sebagai imam Serikat Sabda Allah. Tanggal 17 Maret 1973 Tahta Suci mempercayakannya sebagai Uskup Keuskupan Ruteng menggantikan Mgr. Wihelmus van Bekkum,SVD. Tanggal 5 Mei 1973 ditahbiskan sebagai Uskup Ruteng. Tanggal 13 Januari 1981 dilantik sebagai Uskup Keuskupan Denpasar menggantikan Mgr. Antonius Tijsen,SVD yang mundur karena alasan kesehatan.
Di masa kegembalaannya karya pendidikan, kesehatan dan karya social menjadi perhatian. Pada 24 November 1990, Gereja di pulau Sumbawa yang sebelumnya masuk dalam wilayah gerejani Keuskupan Weetebula digabungkan dengan wilayah gerejani Keuskupan Denpasar. Serah terima dilakukan antara Uskup Denpasar Mgr. Vitalis Djebarus,SVD dan Uskup Weetebula Mgr. Kherubim Pareira,SVD.
Di masa kegembalaan Mgr. Vitalis Djebarus SVD, pembangunan Gereja Katedral Denpasar mulai diwujudkan.Tahun 1996 kesehatan Mgr. Vitalis Djebarus,SVD mulai menurun.Tanggal 22 September 1998 Uskup Denpasar Mgr.Vitalis Djebarus,SVD wafat di RS Katolik Sint Carolus Jakarta. Jenasahnya dibawa ke Denpasar dan tanggal 24 September 1998 dimakamkan di Palasari. Sejak itu tahta keuskupan Denpasar dinyatakan lowong.

Comments

Popular posts from this blog

PROFIL KONGREGASI/BIARA YANG BERKARYA DI KEUSKUPAN DENPASAR

Romo Hubertus Hady Setiawan,Pr

Rm. Benediktus Deni Mary