Monday, January 26, 2015

Paroki St. Maria Immaculata Tabanan





 Paroki St. Maria Immaculata meliputi wilayah Kabupaten Tabanan. Pusat paroki berada di Jalan Singosari 3A Tabanan, Banjar Malkangin, Kelurahan Dajon Peken, Kecamatan Tabanan Kabupaten Tabanan. Paroki ini dirintis oleh P.Seeberger,SVD. Menjadi paroki pada tahun 1964.
Buku permandian sejak tahun 1968. Jumlah permandian dewasa sampai Mei 2010 laki-laki 168 orang dan perempuan 247 jiwa. Jumlah permandian anak-anak, laki-laki 432 jiwa dan perempuan 479 jiwa. Jumlah perkawinan 376 pasang.
Jumlah umat sampai dengan Mei 2010, laki-laki 596 jiwa dan perempuan 572 jiwa. Jumlah umat ini sudah termasuk di Stasi Piling dan Stasi Penganggahan. Saat ini Rm. Herman Yoseph Babey,Pr dipercayakan sebagai Pastor Paroki yang bertugas sejak 24 Januari 2010. Untuk menjalankan program paroki maka dibentuk Dewan Paroki. Saat ini pengurus inti dewan paroki adalah; Ketua Gabriel Ari Murdana Kencana, Sekretaris Teguh Widodo dan bendahara Bernadeth Serodja Lestasi.
Karya pastoral di Paroki Tabanan adalah bidang pendidikan dengan TKK St. Maria Imaculata dan SDK St. Maria Immaculata. Karya kesehatan berupa poliklinik di Stasi Piling dan karya social adalah TPA Santa Theresia Kana-Kanak Yesus yang dikelola oleh suster-suster PRR. Kongregasi dan biara yang berkarya di Paroki Tabanan adalah suster-suster PRR dan Ordo Carmelit. Kelompok kategorial yakni Legio Maria, PD Kharismatik, Kerahiman, Mudika, WKRI, Rukun Ibu Paroki, Sekami, Putra-putri Altar.

Sejarah Singkat: Karya misi di Paroki Tabanan dimulai oleh Serikat Sabda Allah di Piling yang saat ini menjadi stasi. Dari Piling masuk ke Kota Tabanan pada tahun 1968. Saat ini ada dua stasi yang umat katoliknya berkembang yakni Stasi Penganggahan dan Stasi St. Mikael Piling. Paroki Tabanan dirintis oleh P. Seeberger,SVD pada tahun 1968 dan ia menggembalakan umat sampai dengan tahun 1984. Para pastor yang pernah bertugas di Paroki Tabanan adalah Rm. Petrus Nyoman Giri,Pr (keluar), Rm. Philipus Wayan Jaya,Pr (keluar), Rm. Damianus Djanggu,Pr, P. Robert Rewu,SVD, Rm. Tarsisius Nahak,Pr (keluar), Rm. Klemens Bere,Pr, dan Rm. Stefanus Dadur,Pr (keluar). Kini umat dilayani oleh Rm. Herman Yoseph Babey,Pr sebagai Pastor Kepala Paroki dan Rm. Damianus Doweng Hayon,Pr  sebagai Pastor Rekan.


(Ditulis kembali oleh Agust G Thuru berdasarkan laporan Paroki Tabanan)


No comments:

Post a Comment